Langkah-Langkah Menginstall Linux Ubuntu 8.04

Ilmu Konik Saputra - Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source atau bisa dikatakan gratis. Inilah kelebihan dari linux ubuntu selain bersifat open source linux ubuntu tidak kalah dengan Windows. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas bagaimana langkah-langkah menginstall linux Ubuntu 8.04. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hal yang pertama kali yang mesti dilakukan adalah mempersiapkan komputer nya terlebih dahulu   agar siap dipakai menggunakan linux dengan dilengkapi CD/DVD Drive. CD/DVD Drive tersebut berfungsi agar dapat melakukan booting linux yang telah disimpan di CD/DVD. Masukkan CD/DVD installer linux ke CD/DVD Drive lalu nyalakan komputer nya. Pada saat komputer nyala, kita harus melakukan konfigurasi BIOS terlebih dahulu agar proses boot dapat dilakukan melalui CD/DVD installer Linux tersebut. Bagi sebagian besar komputer untuk masuk ke BIOS cukup dengan menekan tombol del pada keyboard lalu setelah masuk BIOS atur agar default media boot nya CD/DVD Drive. Tunggu proses boot melalui CD/DVD installer berjalan hingga tampil seperti gambar berikut :

2. Lalu klik pada pilihan “Try UBUNTU without any change to your computer” dan tekan enter.

3. Selanjutnya akan tampil layar pemilihan menu bahasa, lalu pilih dan klik English saja.

4. Proses berikutnya adalah CD/DVD drive akan mendownload file-file yanga da didalam CD/DVD tersebut. Tunggu hingga prosesnya selesai.

5. Jika telah berhasil booting maka akan tampil halaman desktop Ubuntu nya, Nah sekarang kita dapat melihat-lihat sistem operasi linux dulu dalam bentuk Live CD dimana pemrosesan file dalam CD/DVD tadi disimpan di RAM untuk di load. Artinya jika komputer mati maka seluruh file dan proses yang di load tadi akan hilang, tidak permanen karena di load di RAM. Untuk melakukan instalasi permanen yang tersimpan pada hardisk, maka dilakukan instalasi ke hardisk. Klik pada icon INSTAL yang ada di desktop Live CD seperti gambar di bawah

6. Setelah itu, akan tampil menu pemilihan bahasa instalasi Linux yang digunakan. Pilih saja English lalu klik forward untuk melanjutkan.

7. Lalu selanjutnya adalah pemilihan Zona waktu dengan wilayah yang sesuai dengan kita, pilih dan klik Forward setelah selesai.

8. Pada layar selanjutnya adalah Keyboard Layout . Pilih saja USA seperti Layout keyboard yang sering kita gunakan untuk wilayah Indonesia, lalu klik forward lagi.

9. Hal selanjutnya adalah mempersiapkan partisipasi Hardisk yang akan digunakan sebagai tempat untuk linux diinstallkan. Jika dalam komputer akan diinstall beberapa sistem operasi lebih baik memilih yang secara manual saja.

10. Selanjutnya adalah pemilihan Mount Point dari partisipasi yang digunakan. Kita tentukan saja Mount Pointnya dengan “/”, lalu pilih OK.

11. Selanjutnya melakukan pembuatan partisi swap yang digunakan sebagai virtual memory di linux seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pilih typenya primary, lalu tentukan besar kapasitas swap yang digunakan. Pilih saja location partition nya beginning, dan pada field use as pilih swap karena yang akan dibuat adalah swap dan klik OK terus klik forward lagi.

12. Berikutnya adalah pengisian ID. Isi Nama anda, nama komputer dan tidak lupa passwordnya. Setelah selesai klik forward.

13. Lalu setelah itu akan ada window yang menanyakan keyakinan anda untuk melakukan instalasi linux disertai dengan data-data yang telah diinput sebelumnya. Jika yakin klik install untuk menginstall.

14.  Akhirnya proses instalisasipun berjalan. Tunggu hingga proses instalisasinya selesai dengan sabar.

15. Setelah proses instalasi komplit, maka anda akan diminta untuk melakukan reboot. Pilih Restart Now untuk me-restart komputer dan membooting lagi melalui hardisk.

16. Setelah itu tekan ENTER untuk booting komputer dari awal lagi.

17. Setelah berhasil membooting, anda akan diminta memasukan ID lagi yang telah anda masukkan sebelumnya.

18. Setelah masuk kedalam windows Linux, dengan demikian anda telah selesai melakukan proses instalasi.

19. Selesai

Jika anda kurang mengerti langkah-langkah diatas anda bisa mendownload langkah menginstall linux ubuntu dalam bentuk power point yang di sertakan gambar-gambarnya untuk mempermudah memahami langkah-langkah diatas. Bagi anda yang ingin menjadikan artikel ini untuk bahan pembelajaran, anda bisa mendownload langkah menginstall linux ubuntu 8.04 dalam bentuk MS Power Point. Untuk mendownloadnya anda tinggal klik disini atau dibawah ini.

Tidak ada komentar

Silahkan berkomentar pada blog ini. Komentar yang bernada spam akan saya hapus tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Diberdayakan oleh Blogger.