Pengenalan Dasar Visual Basic 2010

Screen Visual Studio 2010 Ultimate
Ilmu Konik Saputra - Kali ini saya akan membahas tentang Pengenalan Dasar Visual Basic 2010. Visual Basic 2010 terdapat pada paket software Microsoft Visual Studio 2010. Untuk softwarenya silahkan anda cari sendiri ya. Topik pada postingan ini adalah menjelaskan tentang lingkungan kerja Visual Basic. 

Jendela Visual Basic atau sering juga disebut lingkungan kerja Visual Basic mempunyai tampilan yang hampir sama dengan tampilan jendela program aplikasi Windows yang sudah kita kenal, seperti Word, Excel, dan Power Point. Di aplikasi visual basic terdapat menu-menu dan toolbar yang memuat icon-icon dan tombol-tombol untuk menjalankan perintah-perintah. Perbedaannnya, Visual Basic mempunyai beberapa tambahan komponen, yaitu Toolbox, Windows Project, dan Windows Properties

Toolbox ditempatkan disebelah kiri jendela kerja. Window Project dan Widow Properties berada disebelah kanan jendela kerja. Nah, jika kita akan membuat sebuah project baru, maka pada bagian tengah jendela akan terdapat sebuah form. Form tersebut akan digunakan sebagai tampilan (jendela) untuk program yang dibuat. Dibawah ini adalah screenshot tampilan Visual Basic 2010.

Tampilan Visual Basic 2010
Toolbox
Toolbox merupakan komponen lingkungan kerja VB yang berisikan tool-tool untuk ditempatkan di form. Jika kita membuat sebuah aplikasi, maka komponen-komponen tersebut akan kita tempatkan di form dan menjadi komponen jendela program.

Toolbox Visual Basic 2010
Window Project
Window Project berfungsi untuk menampilkan daftar form dan modul yang terdapat di project aplikasi yang sedang dikerjakan.
Window Project Visual Basic 2010

Window Properties
Window Properties berfungsi untuk menampilkan daftar properti dari sebuah komponen yang sedang aktif. Kita dapat mengubah properti dari sebuah komponen dengan cara mengaktifkan (mengklik/memilih) komponen tersebut, kemudian mengubah nilai propertinya di Window Properties.
Window Properties Visual Basic 2010

Sekian dulu postingan tentang Lingkungan kerja / jendela Visual Basic 2010. Untuk membuat aplikasi dengan menggunakan Visual Basic 2010 tunggu postingan selanjutnya.

1 komentar:

  1. kalo toolboxnya hilang gimana ara ngembaliinnya lagi? makasiiii

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini. Komentar yang bernada spam akan saya hapus tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Diberdayakan oleh Blogger.