Cara Membuat Hardsub dengan Aegisub

Ilmu Konik Saputra - Halo sobat blogger, kali ini saya akan sharing bagaimana membuat hardsub dengan aegisub. Sebelumnya mari kita berkenalan dengan Aegisub. Apa itu aegisub? Berdasarkan website resminya Aegisub merupakan software untuk membuat dan memodifikasi subtitle. Aegisub memudahkan kita untuk mensinkronkan subtitle ke audio. Selain itu, Aegisub mempunyai banyak fitur powerful untuk styling subtitle, termasuk built-in real-time video preview. Aegisub merupakan software popular dikalangan fansubber.


Screenshot diatas adalah tampilan dari software Aegisub. Bisa kalian lihat di sebelah kiri atas adalah tampilan video yang ingin kita buat. Pada bagian itu kalian bisa melihat preview sub yang sudah kita edit. Untuk bagian sebelah kanan atas adalah tempat untuk styling text seperti bold, italic, underline, color, dan sebagainya. Pada bagian bawah adalah list time text pada subtitle.

Untuk technical penggunaan Aegisub mungkin kalian bisa mencobanya sendiri, tidak terlalu susah untuk pengguna awam. Jika kalian ingin menggunakan transisi atau animasi pada teks itu membutuhkan script tertentu, kalian bisa search sendiri di google. Setelah sbutitle yang kita edit sudah selesai maka kita save dengan ekstensi .ass. Mengapa menggunakan ekstensi .ass? Karena hanya dengan ekstensi .ass styling subtitle kita bisa terbaca pada media player. Setelah subtitlenya jadi maka kita tinggal menyatukan subtitle dengan file videonya. Banyak software untuk menyatukan file sub dengan video, diantaranya adalah Format Factory.

Saya menggunakan Aegisub untuk mencoba membuat hardsub Running Man. Bagi pecinta KPOP pasti tahu acara Running Man. Untuk hasil hardsub yang pernah saya kerjakan nanti akan saya share karena link downloadnya sudah pada mati.

Sekian dulu untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini. Komentar yang bernada spam akan saya hapus tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Diberdayakan oleh Blogger.