Linux Sabily – UBuntu Edisi Muslim 9.10

Ilmu Konik Saputra - Saya terinspirasi untuk memposting artikel ini setelah menonton e-lifestyle di Metro TV. Pada acara e-lifestyle tadi membahas tentang berinternet halal dengan Linux Sabily. Isinya sangat informatif sekali karena membahas tentang OS komputer bernuansa islami, apalagi Open Source ( yang artinya gratis untuk semua kalangan ). Berikut ini saya akan menguraikan tentang Linux Sabily.

Boleh dikatakan kalau Linux Sabily adalah perangkat lunak sistem operasi yg didekasikan untuk umat Islam (muslim) di seluruh dunia. Linux Sabily merupakan nama lain dari ubuntu moslem edition, yang tentunya orientasi pemakaiannya lebih cenderung kepada pengguna Islam yang ingin dipermudah dalam hal mengingat waktu shalat, kemudahan mempelajari Al-Quran dan kalender Islami yg berbeda dengan kalendar Gregorion yg sekarang dipakai di seluruh dunia.

Selain itu, terdapat juga parental control tools yg mampu mencegah pengaruh negatif bagi pengguna Internet. Jika Linux Sabiliy ini sudah terinstall baik di komputer anda, maka nuansa hijau dan huruf-huruf / aksara Arab akan tampak kental diperkenalkan oleh Ubuntu Moslem Edition 9.10 ini.

Jika anda telah masuk mengunjungi download links ini, maka kita akan diberikan berbagai opsi pilihan download, apakah mau download secara direct ataupun mirror. Terdapat juga berbagai versi yg bisa dipilih, mulai dari Small version s/d Full version with recitations tentunya dengan kapasitas yg jauh berbeda.

Satu hal yg baru adalah ketika kita kunjungi link ini adalah didukungnya untuk pengguna Indonesia, maka title Unduh juga diperkenalkan kepada kita oleh situs Sabily ini. Apakah unduh itu merupakan bahasa Arab atau tidak saya kurang tau, tapi pemakaian kata Unduh di Indonesia sudah dijadikan sebagai standar bahasa di Internet, google-pun mengakuinya. Nah, supaya tidak berbasa basi, jika mau komputermu mau diisi dengan corak Islam di dalamnya dan terutama kamu pengguna setia Linux (apalagi utk distro UBuntu), maka Sabiliy merupakan opsi yg baik. Anda bisa menginstall Linux Sabily di Windows dengan menggunakan software virtualbox. Anda tinggal mengetikkan kata kunci " download virtualbox " di google. Lalu anda coba Linux Sabily di Windows anda.


1 komentar:

  1. gw suka ne pamorama islam..9.10 yang sabily dah gw coba di virtual BOX.ok juga bro :-)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar pada blog ini. Komentar yang bernada spam akan saya hapus tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Diberdayakan oleh Blogger.